Home » » Manfaat Wortel (carrots) Bagi Tubuh

Manfaat Wortel (carrots) Bagi Tubuh

Written By Unknown on Thursday, May 15, 2014 | 7:36:00 PM

Wortel.....
Semua pasti sudah mengenal sayur ini, selain enak di buat sup atau jus teryata wortel mempunyai segudang manfaat lainnya bagi tubuh. Wortel umumnya berwarna kuning atau agak orange kemerahan ini menandakan bahwa wortel juga kaya akan betakaroten.
Betakaroten merupakan provitamin A yang terdapat pada sayuran dan buah buahan yang berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Antioksidan yang terdapat pada tubuh manusia dapat mencegah kerusakan materi genetik (DNA & RNA) yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga laju mutasi dapat dicegah sedini mungkin. Salah satu manfaat antioksidan adalah dapat mencegah proses penuaan, terutama pada sel kulit manusia.
Ya itu sekilas tentang betakarotin yang saya cari tau di beberapa majalah dan internet......
Manfaat wortel yang lain bisa di baca di bawah yaaa... (ini yang saya kutip dari berbagai sumber salah satunya vemale.com)

  1. Wortel dapat membantu mengurangi resiko serangan stroke, bagi mereka yang setiap harinya rajin mengkonsumsi wortel, mempuyai 68% kesempatan terhindar dari stroke. Jika tidak bisa rutin mengkonsumsi setiap hari Anda juga disarankan bisa menkonsumsi 5 buah saja dalam 1 minggu sudah cukup.
  2. Wortel dapat menjaga kesehatan gigi, Nah kalau untuk gigi  lebih baik dikunyah mentah mentah, karena para ilmuan mengatakan mengunyah mentah mentah wortel dapat menghilangkan plak dari gigi dan juga sisa makanan yang ada di gigi. Selain itu juga wortel dapat mencegah pendarahan pada gusi.
  3. Wortel dapat bekerja sebagai antiseptik, salah satu cara mudahnya adalah dengan mengaplikasikan pada luka dan membalutnya hingga kering.
  4. Wortel dapat mempercantik kulit, karena wortel kaya akan vitamin A & C yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah kulit dari iritasi dan noda.
  5. Wortel dapat mengatasi problem pencernaan, pada jaman nenek moyang konon wortel digunakan untuk mengobati diare secara alami. Kabarnya wortel dapat mencegah  berkembangnya bakteri sehingga proses penyembuhan diare bisa berlangsung lebih cepat, karena mengandung potassium, sodium, sulfur, magnesium dan fosfor, wortel juga dapat mengatasi masalah pencernaan, sehingga buang air besar bisa menjadi lancar.
  6. Wortel dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena wortel kaya akan nutrisi dan anti Oksidan seperti vitamin C. Hal ini membantu kekebalan tubuh yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit.
  7. Wortel dapat mengontrol gula darah, jus wortel juga mengandung karotenoid yang tinggi sehingga dapat menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh.
Jadi bagi Anda yang menyukai wortel atau jus wortel teryata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Dan pastikan wortel atau jus wortel yang Anda konsumsi terbuat dari wortel yang segar.

Share this article :
 
Support : 4llshar3 | Zone Clip And Lyric | Mas Template
Copyright © 2013. 4llshar3 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger