Home » » Mari Berhemat...!!! (Save Energy)

Mari Berhemat...!!! (Save Energy)

Written By Unknown on Wednesday, April 17, 2013 | 6:51:00 AM


Dengan kenaikan berbagai kebutuhan pokok yang tidak selalu berimbang dengan kenaikan pendapatan, kita sebisa mungkin harus benar-benar berhemat. Untuk kebutuhan pangan (makan) mungkin sulit untuk menghematnya, tetapi kita bisa memperketat penghematan di sisi lain seperti hemat pemakaian air, listrik, telepon, gas, dan sebagainya. Caranya :
Hemat air
  1. Hentikan kebiasaan menggunakan kran air terbuka, misal untuk mencuci piring sebelumnya siapakan air dalam wadah untuk membilas. Akan jauh lebih hemat bila dibandingkan langsung membilasnya dari kran.
  2. Pada saat menggosok gigi, cuci muka, atau mencukur jangan biarkan air kran terus mengucur. Karena dalam 1 menit air dari kran dapat mencapai 9 liter.
  3. Gunakan kain lap, gayung dan ember air untuk mencuci mobil. Caranya dengan mengguyur tiap bagian mobil menggunakan gayung, kemudian gunakan spons untuk menggosoknya.
  4. Bagi yang menggunakan closet duduk, taruhlah sebuah batu batadalam bak penampung airnya, karena dapat mengurangi volume siraman air, tetapi daya tekan tetap kuat.
  5. Periksa pipa dan kran air secara teratur, karena tetesan air dari kran yang bocor akan membuang banyak air.
  6. Buatlah sumur resapan air, atau jangan menutup semua lahan dengan beton, sehingga disaat hujan airnya tidak terbuang begitu saja dan dapat terserap kembali ke dalam tanah.
  7. Menyiram tanaman lakukan pada sore menjelang malam agar air tidak mudah menguap oleh panas.
Hemat Listrik
  1. Jangan menggunakan alat listrik yang mempunyai watt yang besar pada saat bersamaan, misalkan saat menyetrika juga menyalakan pompa air, karena hal tersebut dapat menyedot listrik lebih besar. Jadi gunakanlah alat yang berdaya besar secara bergantian.
  2. Mematikan alat listik jangan lewat remote control, karena dalam keadaan standby pun tetap mengalirkan listrik. Biasakan mematikan dengan mencabut kontaknya.
  3. Ganti lampu pijar dengan lampu hemat energy, karena dapat menghemat energi listrik hingga 50-70 % lebih rendah. Gunakan jenis CFL, biasanya ada ditandai dengan "lpw" (lower per watt). Semakin tinggi lpw-nya semakin efisien lampu tersebut. Jadi pilihlah lampu CFL dengan lpw lebih besar untuk watt yang sama.
  4. Gunakan timer pada televisi untuk mengindarinya menyala semalaman ketika kita tidur. Gunakan 1 televisi untuk satu keluarga.
  5. Matikan penghangat nasi jika sudah tinggal sedikit, karena jumlah nasi banyak maupun sedikit, pemakaian daya listriknya tetap sama besar.
  6. Hindari buka tutup kulkas terlalu sering, karena hal tersebut akan menambah tarikan daya listrik.
  7. Pada siang hari jangan menggunakan penerangan secara berlebihan, Buatlah ruangan yang bisa menerima sinar matahari langsung.
Hemat Telepon, Kuncilah telepon agar siapapun tak mudah menggunakanya untuk hal yang tidak begitu perlu benar.
Hemat Gas, Jika memasak setel kompor gas dengan api sedang atau seperlunya, karena semakin besar api semakin besar gas yang digunakan.

Semoga info ini bermanfaat...........

Mari Mulai Berhemat Dari Sekarang
Share this article :
 
Support : 4llshar3 | Zone Clip And Lyric | Mas Template
Copyright © 2013. 4llshar3 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger